Teks Sumpah Pemuda Isi Sumpah Pemuda

1 271

Teks Sumpah Pemuda. Banyak yang mencari mengenai apa saja isi dari sumpah pemuda / teks sumpah pemuda yang di peringati tiap tanggal 28 oktober tiap tahunnya. Mungkin ada yang sudah tahu, lupa atau lagi ingat sediki sedikit mengenai teks sumpah pemuda ini. Berikut informasi Teks Sumpah Pemuda:

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.(wikipedia)

Teks Sumpah Pemuda Isi Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda versi orisinal / tulisan asli:

  1. Pertama : Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  2. Kedoea   : Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  3. Ketiga : Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:

  1. Pertama : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  2. Kedua  : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Ketiga  : Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Keyword berhubungan:

isi sumpah pemuda (1627), teks sumpah pemuda (1174), bunyi sumpah pemuda (297), text sumpah pemuda (291), sumpah pemuda (63), Isi teks Sumpah Pemuda (56), teks sumpah pemuda asli (48), isi sumpah pemuda yang asli (46), isi dari sumpah pemuda (34), naskah sumpah pemuda (30) Category: Pendidikan, TipsTags:
author
One Response
  1. Sumpah Pemuda | MA Hasan Munadi Beji7 months ago

    […] para pahlawan kita, serta memperingati setiap tahunnya Hari Sumpah Pemuda tepat tanggal 28 Oktober. Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena […]

    Reply

Leave a Reply