Hari Batik 2 Oktober

0 115

Hari Batik 2 Oktober. Batik identik dengan kebudayaan tradisional milik Bangsa Indonesia sejak dulu kala. Batik menurut yang saya kutip dari wikipedia yaitu: Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing.

batik indonesia

batik indonesia

Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: "amba", yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik"

Tepat setahun yang lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mencanangkan 2 Oktober sebagai Hari Batik. Tepat setahun yang lalu juga, dunia mengakui batik sebagai hak milik Indonesia.

SBY mencanangkan 2 Oktober sebagai hari batik kala mengunjungi masyarakat korban gempa Padang Pariaman, di Balaikota Pariaman, Sumatera Barat, Jumat (2/10/2009).

SBY menuturkan bahwa dunia, melalui United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) juga sudah mengakui batik sebagai milik Indonesia. Penghargaan juga langsung diberikan UNESCO di Abu Dhabi, 2 Oktober tahun lalu.

Batik Indonesia

Batik Indonesia

Pengakuan ini layak diapresiasi sebagai kebanggaan atas kemenangan budaya nasional. Sebab, batik adalah salah satu komoditas yang sudah mulai diproduksi oleh negara tetangga, Malausia.

Dalam kesempatan tersebut SBY pun mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk tidak melupakan batik dan memakai batik tiap tanggal 2 Oktober.

"Kalau kita sudah mendapatkan, kita syukuri. Kedua, mari kita lestarikan, paling tidak memakai batik tiap tanggal 2 Oktober," imbau SBY.(detik com)

Nah, tidak ada salahnya kita memperingati Hari Batik setiap tanggal 2 Oktober tiap tahunnya, apalagi Batik merupakan warisan budaya yang HARUS di lestarikan dan dikembangkan agar tak punah oleh zaman Dan tidak diakui oleh bangsa lain. Karena Batik milik Bangsa Indonesia.

Apalagi sekarang ini, Batik sudah disulap menjadi beberapa model pakaian yang cukup modern dan keren untuk di pakai. Seperti jaket nuansa batik, kaos, kemeja, topi maupun sepatu yang ada unsur batik nya juga. Jadi bisa di pastikan batik akan mengikuti perkembangan mode lifestyle zaman. ;) Jadi siap ber Batik di Hari Batik di tanggal 2 Oktober nanti ?

Keyword berhubungan:

hari batik (201), hari batik indonesia (15), kata motivasi batik (1) Category: UmumTags:
author
No Response

Leave a Reply