Gunung Galunggung Aktivitas Vulkanik Gunung Galunggung Meningkat

Gunung Galunggung Aktivitas Vulkanik Gunung Galunggung Meningkat. Gempa vulkanik Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengalami peningkatan pada di Oktober ini dibandingkan September lalu. "Bulan September tercatat empat kali gempa, sedangkan memasuki akhir Oktober 2010 menunjukan peningkatan yang sudah tercatat 34 kali gempa vulkanik," kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api, Gunung Galunggung, Heri Supartono, di Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (28/10).

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain obyek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Obyek yang lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (Cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas.

Meskipun mengalami peningkatan, menurut Heri, hasil kajian pengamatannya itu masih dalam batas normal, bahkan objek wisata Gunung Galunggung masih aman dikunjungi wisatawan. "Objek Cipanas Galunggung dari hasil pengukuran suhu air di tiga tempat kawasan gunung Galunggung hanya mencapai 55 derajat dan 62 derajat sehingga dinyatakan normal dan aman bagi pengunjung," katanaya.

gunung galunggung

Dikatakan Heri, pihaknya akan terus melaporkan setiap perubahan kepada pemerintah daerah. Namun, ia menyayangkan hilangnya jalur lahar dan kawasan menampung lahar dingin akibat dampak dari galian C atau penambangan pasir. Padaahal, gunung itu masih aktif

Jika waktu yang tidak dipastikan terjadi letusan, menurut Heri, penanganan bencananya tidak jelas. Bahkan tidak ada jalur evakuasi dan kawasan pengungsian. "Saya berharap pemerintah daerah mampu memberikan kebijakan dan mengendalikan keadaan disana, kemudian rencana penanganan bencana pun disusun dengan baik," kata Heri.(wikipedia,liputan6)

Keyword berhubungan:

video gunung galunggung meletus (790), gunung galunggung (248), video letusan gunung galunggung (73), video gunung galunggung (44), video galunggung meletus (44), gunung meletus di jawa barat (37), gunung galunggung meletus (35), video meletusnya gunung galunggung (33), vidio gunung galunggung meletus (33), galunggung (30) Category: UmumTags:
author
2 Responses
  1. author

    hsajax4 years ago

    Keep update gan ^_^
    Thanks dah mampir @_@

    Reply
    • author
      Author

      admin4 years ago

      @hsajax, okelah kalo gitu ;)

      Reply

Leave a Reply