Gedung Baru DPR | Gambar Foto Dan Kronologi Rencana Pembangunan Gedung DPR RI

Gedung Baru DPR | Gambar Dan Kronologi Rencana Pembangunan Gedung DPR RI. Gedung DPR sepertinya akan mengalami kemajuan yang pesat dan semakin mewah dengan adanya pembangunan gedung baru dpr tersebut. Bukanlah harga yang murah atau harga yang kecil untuk membiayai semua pembangunan gedung dpr yang baru nantinya. Ya, Jika dihitung rata-rata, harga satu ruangan anggota DPR itu Rp 2,8 miliar. Ck ck kc, bukan main bukan harganya? Nilai tersebut di kali berapa anggota DPR yang mendiami bangunan gedung dpr baru nantinya, jadi berapa coba? ;) pasti banyak bener dahh, kalo buat beliin cendol bisa sampe 7 kolam renang besar sampe penuh tuh :D

Kira - kira total Pembangunan Gedung DPR baru yang menelan biaya sekitar Rp 1,6 triliun. Dan dari gedung baru dpr tersebut yang kira kira sekitar 1,6 triliun tersebut, ada berita yang menuliskan bahwa Gedung Dewan Perwakilan Rakyat yang akan dibangun dengan biaya Rp 1,6 triliun rencananya akan dilengkapi ruang khusus untuk rekreasi dan ada juga yang menuliskan ada juga ruang yang sepertinya digunakan sebagai Restaurant. Seperti di kutip dari metrotvnews:

Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso menyatakan, rencana mendirikan restoran respresentatif di dalam gedung baru DPR tidak masuk akal. Rencana itu dinilainya mengada-ada.

Sebelumnya, DPR sendiri berencana melengkapi gedung baru dengan fasilitas relaksasi berupa spa dan kolam renang. Tapi hal ini kemudian dibantah Ketua DPR sekaligus Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR Marzuki Ali serta Wakil BURT DPR Pius Lustrilanang.

Priyo menekankan, pembangunan gedung baru DPR memang diperlukan. Terutama untuk membuat sebuah ruangan respresentatif guna menerima tamu kenegaraan. Ini pun ada di beberapa parlemen negara lain.

gambar gedung dpr baru

gambar gedung dpr baru

Berikut ini Kronologi Rencana Pembangunan Gedung DPR RI yang dikutip langsung dari situs DPR (www.dpr.go.id/id/sosialisasi-gedung/kronologi ):

  1. Didasarkan atas perubahan jumlah anggota dewan yang tiap periode bertambah, serta tidak mencukupinya Gedung Nusantara I untuk dapat menampung aktifitas anggota DPR RI.
  2. Saat ini tiap anggota DPR RI di Gedung Nusantara I menempati ruang seluas ± 32 m2, diisi 1 anggota, 1 sekretaris, dan 2 staf ahli. Kondisi ini dianggap tidak optimal untuk kinerja dewan.
  3. Dalam rangka penataan Kompleks DPR, maka BURT menyusun TOR Grand Design Kawasan DPR RI. Pada Tahun 2008, Setjen DPR RI melakukan Lelang untuk Konsutan Review Masterplan, AMDAL, dan Audit Struktur Gedung Nusantara, yang menghasilkan Blok Plan Kawasan DPR/MPR RI (Oktober 2008).
  4. Pada 2 Februari 2009, PT. Virama Karya (Konsultan Masterplan, AMDAL, dan Audit Struktur) memaparkan Blok Plan Kawasan MPR/DPR RI pada Rapat Konsultasi Pimpinan DPR dengan Pimpinan Fraksi serta Pimpinan BURT. Rapat meminta Konsep Blok Plan disempurnakan.
  5. Pada 18 Mei 2009, diadakan Rapat Dengar Pendapat antara Steering Committee Penataan Ulang dengan IAI, INKINDO dan PT. Yodya Karya memutuskan untuk mengadakan lokakarya dalam rangka mendapatkan masukan-masukan mengenai Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI.
  6. Pada 24-25 Juni 2009 diadakan Lokakarya Penataan Ulang Komplek MPR/DPR/DPD RI dan hasil Penyempurnaan Master Plan telah disampaikan ke BURT.

Berikut ini beberapa rancangan gambar / foto rancangan Rencana Pembangunan Gedung DPR RI:

foto gedung baru dpr

foto gedung baru dpr

foto / gambar gedung baru dpr

foto / gambar gedung baru dpr

foto / gambar gedung baru dpr

foto / gambar gedung baru dpr

foto / gambar gedung baru DPR

foto / gambar gedung baru DPR

foto / gambar gedung baru dpr

foto / gambar gedung baru dpr

Pembangunan Gedung Baru DPR dinilai seperti sangat berlebihan! Terlebih lagi masih ada saja kasus kasus korupsi dan kemiskinan oleh rakyat jelata. Coba bayangkan dengan anggaran segitu banyaknya JIKA untuk realisasikan oleh warga yang kurang mampu atau untuk kepentingan lain yang berguna bagi orang banyak.

Namun, dari pembangunan gedung dpr ini, bukan berarti semua anggota dpr setuju atas pembangunan gedung baru DPR ini. Pembangunan Gedung DPR baru yang menelan biaya sekitara Rp 1,6 triliun, ternyata tidak didukung oleh semua anggota DPR, salah satunya adalah Pramono Anung dari fraksi PDI Perjuangan.

Dalam twitternya, Rabu (1/9/2010) pagi, Wakil Ketua DPR ini mengungkapkan sikap dia atas pembangunan Gedung DPR yang rencananya bakal dilengkapi ruang rekreasi termasuk spa dan kolam renang.

"Sebagai Pimpinan DPR, terus terang saya malu dengan rencana pembangunan gedung DPR yang baru, tidak sensitif dan jauh dari rasa keadilan masyarakat," sebutnya.

Pramono mengaku, rencana pembangunan itu belum pernah diputuskan dalam forum rapat pimpinan. "Saya akan minta untuk dievaluasi atau ditunda," tambahnya.

Apa karena gedung dpr miring ya? ;) sepertinya bukan...

Keyword berhubungan:

gedung dpr baru (855), gedung dpr (573), gedung baru dpr (520), pembangunan gedung dpr (188), gambar gedung dpr (154), pembangunan gedung dpr baru (149), gambar gedung (143), gedung baru dpr ri (128), gambar gedung mpr (110), rencana pembangunan gedung dpr (105) Category: Berita Lainnya, Hukum Kriminal, InternetTags:
author
25 Responses
  1. author

    Mega4 years ago

    Sebenarnya hal yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja bukan gedung mewah, memang fasilitas sangat perlu tapi bisakah hanya difokuskan pada hal-hal yang vital. Banyak orang merasa kalau pemerintah sangat manja , yang seharusnya menjadi pelayan masyarakat malah menganggap dirinya raja.. apakah setelah menduduki kursi dewan mereka lupa apa sesungguhnya tugas mereka? Uang rakyat!!!!!!!!! lebih baik digunakan untuk membangun fasilitas umum, masyarakat kita banyak yang masih dibawah karena kebodohan.. bukankah lebih baik jika digunakan untuk menciptakan suatu lembaga pendidikan ketrampilan bagi mereka yang tidak bersekolah???? Tolong Bapak2/ Ibu2 anggota DPR yang terhormat gunakan waktu anda untuk mencari solusi agar negara kita lepas dari kemiskinan jangan digunakan untuk memikirkan ide-ide konyol!

    Reply
  2. author

    ariel4 years ago

    Astaghfirullah aladzim,knapa si otak2 para wakil rakyat yg dpentingin cm egonya saja,,katanya wakil rakyat tp kok gpnh mikirin rakyat susah cb pikir:
    1.korban lumpur lapindo,korban gempa,korban ledakan tabung lpj,korupsi,yang dpentingin jangan cuma korupsi trus
    kasian rakyat jelata tuh……dasar perampok harta rakyat trus gmn tuh kinerja pln listrik mati trus ,kerja gk da yg bner,,kl cranya bgt lbih baik gk usah jd wakil rakyat…dasar pengemis……..

    Reply
  3. author

    Roiandriy4 years ago

    Gedung Mewah DPR untuk siapa ?
    Kemarahan dan kesedihan kita tidak akan meggugah hati mereka…para penguasa negeri ini.
    Hati Mereka telah BUTA , TULI DAN BISU akan Kondisi dan Keperihatinan Rakyatnya. Apakah Kami hanya pasrah melihat Negeri ini dijajah oleh Pemimpinnya sendiri….? ya..tuhan Bukalah Hati Para pemimpin kami…dan Azablah bagi mereka yg tidak mempunnyai hati nurani.

    Reply
  4. author

    Dwi Wahyudi4 years ago

    Hahahaha…. Sudah tidak heran lagi saya, kalau tidak seperti itu bukan anggota dewan namanya. Bener ngga???

    Reply
  5. author

    asuke4 years ago

    demi alloh ni sungguh berlebihan.. gmna dgn nasib rakyat? kau bisa diatas krn rakyat…

    Reply
  6. author

    radit4 years ago

    haduuuuuhhh…
    Bpk2/Ibu2 wakil rakyat yang saya cintai, udah pada mandi belum sih???!! NIGGAU YA???!!

    Reply
  7. author

    Triyadi4 years ago

    Gedung gak bakalan perpengaruh pada kinerja para wakil2 rakyat. Jd percuma, hanya pemborosan uang negara.

    Reply
  8. author

    Eet4 years ago

    Rupanya sisa-sisa penjajahan Belanda dulu masih melekat di sebagian besar pemimpin-pemipin kita. Masya Allah jiwa-jiwa antek Belanda alias centeng-centeng Mener masih terlihat jelas yang saat ini menjajah rakyatnya sendiri. Yaa Allah bukakanlah pintu hati pemimpin-pemimpin kami dan tunjukkanlah mereka jalan yang benar ya Allah, yakni jalan yang Engkau ridhoi………

    Reply
  9. author

    tidak memihak4 years ago

    sebenarnya tidak perlu mewah mewah, nanti yang ada, anggota DPR malah lupa dan tidak ikut rapat, seperti lirik lagunya dari bang Iwan Fals “wakil rakyat seharusnya merakyat, jangan tidur waktu sidang soal rakyat” hhe… jadi gak usah deh dibangun mewah mewah, yang seadanya aja toh gak rugi juga kan? hhe…. dari pada, buat membangun bangunan kaya’ gitu, lebih baik buat rakyat miskin aja, inget dong, diindonesia masih banyak rakyat yang membutuhkan pertolongan dari DPR, dan anggotanya, dari pada buat hura-hura, lebih baik disumbangkan saja… :)

    Reply
  10. author

    agus4 years ago

    Pembangunan gedung DPR yang mega mewah menunjukkan bahwa Anggota DPR tidak aspiratif terhadap permasalahan rakyat.

    Reply
  11. author

    Mai Ke4 years ago

    Menurut saya sebagai warga negara indonesia. Saya setuju Gedung DPR RI itu harus di bangun baru. biaya kan cuma 1.6 T saja, jangan heran kita bandingkan APBN RI sekarang udah di atas 1000 T . Dari pada hilang di makan hantu birokrat seperti kasus century .lebih baik di bangun gedung super mega di asia tenggara. dan kami sarankan kalau dapat bangun gedung baru jangan di pusat saja, instruksikan di seluruh kabupaten dan kota bangun gedung DPRD yang mega saja.

    Reply
  12. author

    Irin4 years ago

    ga ada yang sulit jika untuk kebutuhan diri sendiri berapa pun biayanya to..mereka jg yg tetapkn anggaranx,
    woooee… DPR…… rakyatmu/konstituenmu masih hidup melarat, kok…. kamu lupa asalmu dari mana…, siapa yg memiluhmu…
    MANUSIA memang ga perna ada cukupnya……….., tp mudh2n kinerjax lebih baik lg

    Reply
  13. author

    andro4 years ago

    bener bener kayak bocah ini Anggota DPR yang minta buat bikin gedung…. kan mereka duit udah banyak kerja udah mapan masi pengen ini itu knapa ga buat sendiri aja.. mending uang nya buat rakyat yang membutuh kan bukan buat kayak beginian

    Reply
  14. author

    anwar4 years ago

    anggaran 1.6 trilyun? dari anggaran belanja negara?
    dan presiden sby cuma diam tanpa gaung apapun?
    presiden yg periode kemarin bisa vokal sekarang membisu?
    tanya kenapa..
    orang yg menyetujui hal ini sepertinya akan dapat duit dari kontraktor dkk tuh.

    Reply
  15. author

    rakyat4 years ago

    sebenar nya bukan gedung DPR yang dimegah megah kan tapi buat lah rakyat miskin menjadi sejatera dan jadikan lah anak sekolah saebagai penganti kita yang sudahhh tua tua

    Reply
    • author

      Fendi4 years ago

      Benar itu.. saya setuju dengan pendapat anda.

      Reply
  16. www.grosirkita.com4 years ago

    Gedung Baru DPR Tunggu Kepastian Ibu Kota?…

    Info yang sangat bagus, saya trackback ke web saya ya :)…

    Reply
    • author

      muslim hidayat4 years ago

      Untuk apa membangun gedung yg baru ?
      Rakyat kecil punya rumah sederhana ajaa udah seneng,lebih baik dananya untuk pembangunan sekolah,puskesmas,panti asuhan,dan yang lebih berguna bagi rakyat kecil.
      Dan sebagaian dananya untuk sumabangan ke PALEMBANG,untuk buat ARENA SEA GAMES,yang dananya belum cair,SEA GAMES yang lebih berguna bagi nama INDONESIA,daripada GEDUNG untuk apa ? tidak berguna bagi rakyat maupun nama bangsa INDONESIA.
      DPR udah punya gedung sendiri malah mau buat lagi,
      Nanti malah masih RIBUT
      INILAH SUARA KAMI DI YOGYAKARTA

      Reply
  17. author

    Junaedi4 years ago

    Gedung DPR yg baru mau pakai kolam renang?waaah…mewah x ya!mau kerja atau mau wah wahan!pada gila kalian.

    Reply
  18. author

    Cici Farena4 years ago

    Pada kagak mikir tuh orang! bisanya morotin uang masyarakat..
    kerjaannya cuma main hp aja!!! dasar gak tau diri..

    Reply
  19. author

    luluk4 years ago

    Klo udah duit yg bicara semua pada bungkem,mana anggota dewan yg kemaren bilang gk setuju pembangunan gedung DPR bru.. apa udah kesumpel makanya diem.. kapan kalian tau siapa diri kalian itu sebenernya..

    Reply
  20. author

    ugan4 years ago

    tangisan air mata dari masyarakat untuk pemerintahku yang terhormat kenapa kalian itu semua tidak pernah memikirkan rakyat yang kecil bahkan di bilang miskin kalua menurut saya jika pemerintah bersunggu-sungguh pingin menjadi wakil rakyat jangan memaki temoat ataupun ruangan kerja yang mewah dan bahkan super mewah jika kalin semua pemerintahku yang terhormat kalian juga harus bisa merasakan seperti kami semua ini bertempat tingal yang di bulang tidak layajk dan tempat kerja yang sangat kotor dan jorok yang paling penting tidak berace tidak seperti ruangan kalian yang berace pasti kalian semua tidak akan pernah mau karena tidal kevel sebenarnya kalian semua itu tidak akan pernah menjadi seperti sekarang ini kalau tidaka ada kami masyaraka yang miskin kamia semua disini memilih anda karena kami pikir kalian semua itu emerintah yang bisa dia ndalkan dan bisa di harapkan pada sat -saat tertentu seperti ssekarang ini sekarang nikmatilah saja semua kemewahan yang kalian dapat tapi sustu saat nanti jika kalian mencalonkan diri lagi menjadi seorang penerintah demi Allah kami semua ini tidak akan pernah mendukung apalagi memilih anda sebagai pemerintah

    Reply
  21. author

    wawan anwar msd4 years ago

    mencari makan untuk kehidupan sehari-hari….? Tangisan mereka setiap hari, hingga saat ini masih belum ada yang mendengar. Sampai kapankah Indonesia akan membiarkan rakyatnya setiap hari mengkonsumsi Nasi yang sudah basi, jagung yang sudah membusuk untuk dijadikan sebagai Makanan sehari-hari.

    *Wahai para pemimpin. Diamlah sejenak, tengoklah kami dan mereka..
    *Wahai para pemimpin. Diamlah sejenak, rasakan apa yang kami dan mereka rasakan..
    *Wahai para pemimpin. Diamlah sejenak, Renungi apa yang kalian kerjakan..

    Demi Allah, Demi Rasulullah. Kami dan mereka meyakini murka Allah akan selalu menyertai kalian semua Wahai para pemimpin…

    Reply
  22. author

    Yuni4 years ago

    Sedih……………..
    Coba Bapak Ibu anggota Dewan yang terhormat jalan-jalan ke daerah.(Tp jgn skedar jalan2 doang).Liat rumah-rumah rakyat. Sbagai contoh rumah2 dinas militer di Kalbar yang udah ga layak huni. Terbuat dari papan n umurnya udah 30 thn lebih.
    Apa Bapak Ibu ga malu????
    Kalau memang kalian kerja untuk rakyat, coba urus dulu rakyat2 gol menengah ke bawah. Jangan sibuk mencari kenyamanan sendiri.

    Reply
  23. author

    endra2 years ago

    sebelum thn 1945,rakyat indonesia dibawah jajahan negara asing….
    sesudah thn 1945,rakyat indonesia dijajah para pejabat negara…..
    kapan kh rakyat indonesia akn merdeka dari dua golongan itu…..

    Reply

Leave a Reply