Abu Bakar Ba’asyir. Siapa Abu Bakar Ba’asyir ?

151

Abu Bakar Ba'asyir. Siapa Abu Bakar Ba'asyir ? Mungkin sebagian orang telah mengenal sosok dari Abu Bakar Ba'asyir, namun sebagian orang juga belum terlalu mengenal siapa sih Abu Bakar Ba'asyir itu? Berikut saya salin dari 2 situs besar, wikipedia dengan kompas mengenai Siapa Abu Bakar Ba'asyir ? atau mungkin Profil Abu Bakar Ba'asyir.

Abu Bakar Ba'asyir bin Abu Bakar Abud, biasa juga dipanggil Ustadz Abu dan Abdus Somad (lahir di Jombang, Jawa Timur, 17 Agustus 1938), merupakan seorang tokoh Islam di Indonesia keturunan Arab. Ba'asyir juga merupakan pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) serta salah seorang pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu'min. Berbagai badan intelijen menuduh Ba'asyir sebagai kepala spiritual Jemaah Islamiyah (JI), sebuah grup separatis militan Islam yang mempunyai kaitan dengan al-Qaeda. Walaupun Ba'asyir membantah menjalin hubungan dengan JI atau terorisme.

Ba'asyir pernah menjalani pendidikan sebagai siswa Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur (1959) dan alumni Fakultas Dakwah Universitas Al-Irsyad, Solo, Jawa Tengah (1963). Perjalanan kariernya dimulai dengan menjadi aktivis Himpunan Mahasiswa Islam Solo. Selanjutnya adalah menjabat Sekretaris Pemuda Al-Irsyad Solo, kemudian terpilih menjadi Ketua Gerakan Pemuda Islam Indonesia (1961), Ketua Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam, memimpin Pondok Pesantren Al Mu'min (1972) dan Ketua Organisasi Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), 2002.

Ba'asyir mendirikan Pesantren Al-Mu'min di Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, bersama dengan Abdullah Sungkar pada 10 Maret 1972. Pada masa Orde Baru, Ba'asyir melarikan diri dan tinggal di Malaysia selama 17 tahun atas penolakannya terhadap asas tunggal Pancasila.

=================

Ustadz Abu Bakar Ba'asyir pernah menjadi aktivis Himpunan Mahasiswa Islam Solo dan menjabat Sekretaris Pemuda Al-Irsyad Solo. Pada tahun 1961 ia terpilih menjadi Ketua Gerakan Pemuda Islam Indonesia, Ketua Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam, dan memimpin Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Solo, Jawa Tengah, pada 1972. Sekembalinya ke Indonesia dari Malaysia, Ba'asyir menjadi Ketua Organisasi Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), tahun 2002.

Ba'asyir mendirikan Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, pada 10 Maret 1972. Pondok yang kemudian dikenal sebagai pesantren Ngruki itu didirikannya bersama Abdullah Sungkar, Yoyo Roswadi, Abdul Qohar H Daeng Matase, dan Abdullah Baraja.

Pondok Pesantren seluas 8.000 meter persegi ini berlokasi di Jalan Gading Kidul 72 A, Desa Ngruki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Adapun penangkapan kali ini bukanlah yang pertama. Tahun 1983, Abu Bakar Ba'asyir ditangkap bersama dengan Abdullah Sungkar oleh pemerintah Orde Baru. Ia dituduh menghasut orang menolak asas tunggal Pancasila. Ia juga melarang santrinya melakukan hormat bendera karena menurut dia itu perbuatan syirik. Di pengadilan, keduanya divonis 9 tahun penjara.

Namun tahun 1985, Ba'asyir dan Abdullah Sungkar melarikan diri ke Malaysia saat mereka dikenai tahanan rumah. Di Malaysia itulah Ba'asyir disebut-sebut membentuk gerakan Islam radikal, Jemaah Islamiah, yang menjalin hubungan dengan Al Qaeda. Meski demikian, Ba'asyir tidak pernah mengakui keberadaan Jemaah Islamiah.

Nah, sudah sedikit mengerti bukan mengenai sosok Abu Bakar Ba'asyir? ;)

Sumber: Kompas | Wikipedia

Keyword berhubungan:

abu bakar baasyir (451), abubakar baasyir (136), profil abu bakar baasyir (92), Abubakar Baasir (57), abu bakar baasir (54), baasyir (40), baasir (40), abu bakar basyir (34), abubakarbaasyir (24), siapakah abu bakar baasyir (14) Category: Berita LainnyaTags:
author
22 Responses
  1. author

    bolehngeblog4 years ago

    ustadz abu bakar ba’asyir yang saya tahu adalah seorang ustadz yang low profile tapi memiliki visi tentang kemashalatan ummat yang sangat jauh ke depan…

  2. author

    lepaskan ust. abu4 years ago

    ust. abu merupakan sesorang yg baik yg tidak mungkin melakukan tindakan terorisme.
    pemerintah sudah disetir oleh amerika untuk menangkap org2 yang tidak suka terhadap amerika. sebab ust. abu sgt anti terhadap pemerintah amerika krn telah mendzolimi sodara2 muslim di seluruh dunia.

    • author

      untouchable4 years ago

      tahu dari mana kalo dia baik..?? Baik tapi otak terorist… lihat aja nanti… Polri bersama Densus gak mungkin nangkap orang tanpa ada bukti2 yang nyata..
      Kebodohan di indonesia membuat orang terlalu gampang percaya dengan ajaran agama yang tanpa disadari arahnya adalah ke terorisme, itulah moslem di indonesia yang membedakan moslem di negara luar. Orang orang yang kurang pendidikan adalah sasaran utama untuk dikader menjadi terorist dengan dalil al quran. itu makanya indonesia negara paling gampang utk mencari kader terorist. nah kalian2 itu termasuk orang yang kurang pendidikan jadi gampang ngomong dan gampang dikader untuk jadi terorist.

    • author

      jangan sok tau4 years ago

      @lepaskan ust. abu,
      siapa bilang AMERIKA TIDAK ISLAMI???? — disana sampah terorganisir, lebih menghargai HAM, kebebasan BERAGAMA lebih dihargai…. kafir itu bisa datang dari orang2 yang mengaku ISLAM juga…

      sekarang berhentilah mengKAFIRkan orang lain, negara lain — lihat DIRI KAMU SENDIRI ?? lihat NEGARA KAMU?? — jawab dengan hati yg jujur!!

    • author

      joni4 years ago

      kita hidup dalam keaneka ragaman….apa lagi di negri Indonesia….kenapa kita tidak bisa hidup dengan cinta damai tanpa ada yang saling menuding benar dan salah,….saling toleransi dan menghargai dan menghormati satu sama lain…begitu jg dengan pedapat orang lain..

  3. author

    ilham4 years ago

    saya pernah ikut pengajaian Ust. Abu, namun tidak pernah saya mendengar beliau mengajarkan tentang teror.

  4. author

    Abdullah4 years ago

    Abu Bakar Ba’Asir adalah seorang ulama besar, setiap manusia pasti punya kesalahan. beliau sudah melaksanakan kewajiban2an sebagai umat islam, dan senantiasa mengamalkan sunnah Rasulullah Saw, hafal ratusan hadis’t, jadi apa yang beliau perbuat pasti ada dasar (dalil )nya. bagi antum yang menggunjing Abu Abakar Baasir, sudahkah kalian (terutama media berita yang berlebihan) lebih bagus dari beliau??? renungkan sejenak sebelum mulut kalian berbicara!!! jika tuduhan itu tidak benar, bersiaplah kalian menerima dosa dari orang-orang yang kalian gunjingkan

  5. author

    mahesa4 years ago

    orang-orang islam seyogyanya melihat semuanya dari fakta2 yang ada, cinta harus berdasarkan fakta, benci pun demikian juga,,, Cinta kita Kepada Alloh Taala dan Rasul-Nya Muhammad SAW memberikan kita contoh yang mulia, yakni mengedepankan kejujuran. Kita liat sekarang, pernyataan Abu Bakar Baasyir bahwa dirinya tidak terlibat terorisme dipatahkan dengan berbagai fakta yang menyatakan kebalikannya. sesungguhnya Dusta adalah dosa besar, jika memang nanti terbukti bahwa Abu Bakar Baasyir memang terlibat jaringan terorisme, maka Alloh dan Rasul_Nya tidak akan rugi sedikitpun. Yang rugi hanyalah orang2 yang mengikuti (taqlid Buta) terhadap orang yang justru merugikan islam itu sendiri… Allohu Akbar, kebenaran akan selalu menang diatas Kebatilan…

    • author

      ofea bowen putra4 years ago

      @mahesa, Kalau fakta itu mengkat berkaitan dengan Baasir tak lah kita orang yang beriman akan membela secara membabi buta.

      Kalau fitnah tingkat tinggi, yang membuat kekacauan kemudian mengait-ngaitkan urusan dengan orang yang menyeru kepada jalan Allah, maka pada sa’at itu orang yang beriman harus membela orang yang difitnah tersebut.

      Bukankah Polisi telah membohongi public tentang rekaman pembicara-an Muladi dengan pihak KPK?

      Jadi apa yang membuat kita tak yakin sekarang, bahwa yang dilakukan Polisi juga rekayasa dan fitnah tingkat tinggi berdasarkan permintaan majikan mereka Amerika ?

      Lihat lah cara mereka (Polisi) dan seluruh jajaran Kepemimpinan Indonesia dalam menjalankan amanah. Mereka tak tau apa yang dibolehkan buat mereka dan mereka tak tahu menahan diri dari apa yang dilarang atas mereka berdasarkan Sunnah Rasul-Nya.

      Mereka lupa, kalau menyakiti orang yang beriman itu adalah fasiq, dan membunuh orang yang beriman tanpa haq itu adalah kafir.

      Jadi tak ada urusan dengan taqlik buta. Siapa yang taqlik buta?
      Kamu tau apa ituk taqlik ?

      Taqlik adalah memahami sesuatu berdasarka yang disampaikan gurunya tapi tak ada sandarannya pada risalah. Tapi dia merasa benar juga itu yang taqlik buta.

      Dalam urusan Baasir yang di blow up sekarang tak ada urusan dengan perkara taqlik. Yang ada sekarang adalah, bahwa jargon terorist dihembuskan dari Amerika dan sekutunya, kemudian terjadi kekacauan di mana-mana, setelah itu manusia memfitnah tokoh tokoh Islam, akhirnya penguasa menangkap mereka yang diftnah.

      Apa yang harus membuat kita harus percaya kepada kinerja Kapolri, Jaksa Agung, yang berani membohongi public dan Parlement?

      Kapolri dan Jaksa Agung itu harus dipecat dulu karenah tidak amanah. Kalau SBY memang paham tentang pidatonya ke sana kemari bahwa ia sedang memegang amanah.
      Jadi yang amanah itu bukan hanya sekedar pidato bahwa ia sedang mengemban amanah.

      Yang amanah itu adalh tau kapan dia menjalankan haknya atas kepercayaan yang diberikn padanya. termasuk mengangkat Kapolri dan Jaksa Agung, dan juga memecat mereka yang telah berani mereka yasa dan berbohong dalam kasus Muladi. Dimana Kapolri dan Jaksa Agung telah mereka yasa atas nama hukum melalui jabatan yang mereka miliki. Kalau SBY tak memecat Kapolri dan Jaksa Agung, maka berarti SBY tak amanah sebagaimana yang dia gemborkan ke sana ke mari bahwa ia sedang mengemban amanah.

      SBY adalah telah turut serta mengkhianati amanah yang ada padanya, kalau ia tak memecat Kapolri dan Jaksa Agung yang tak amanah, sebagaimana Umar bin Khatab yang telah memecat Gubernur Mesir dan Gubernur KUFFah, pada zamannya.

      Jadi, kepemimpinan yang amanah adalah yang tidak mengkhianati amanah yang ada pada genggaman mereka.

      Kalau pemimpin itu betaqwa kepada Allah, menegakkan kebenaran dan keadilan, mengambil dari yang kuat yang bukan haknya, untuk diserahkan kepada yang lemah selaku pemilik hak.

      Kemudian memilih jajaran yang ia pimpin itu yang dapat dipercaya, paham ilmu dan mengamalkan ilmu, maka baru kepemimpinan itu akan amanah dan tidak akan berkhianat.

      Wallahu a’lam biss sawwab.

  6. author

    Syahdan4 years ago

    Jika Ust.Abu ditahan pada akhirna bkn mengurangi teroris….karena Ust terkenal orng arif,bijaksana….
    karna itu akan banyak dan semakin banya yg kecewa terhadap pemerintah yg telah menahan Ust.Abu yg pd akhirnya para santrinya akan menjadi generasi teroris ( menurut dewan yg korup )

  7. author

    korban teroris4 years ago

    Akhirx ditangkap juga neh akarx……..huhhh..mudah2an INDONESIA cepet terbebas dari para individu2 yg mementingkan diri sendiri….( gak papa ngebom orang…yg penting masuk surga…)

  8. author

    pancasila4 years ago

    Ustad abu adalah orang yang ingin menghapuskan pancasila dari indonesia terbukti dimana di tidak setuju dengan pancasila sebagai dasar negara .jadi ustad abu sama dengan PKI yang harus di hapuskan dari indonesia. Indonesia menganut berbagai macam suku,bahasa dan agama jadi jangn di rusak dengan ajaran2x kebencian.apa kah ajarn ustad abu yang mengajar kebencian terhadap agama lain merupakan ajaran ISLAM.hormati agama lain, belum tentu agama mu benar!! Bubarkan azas2x PKI yang menggunakan dan mengatas namakan agama. Hidup pancasila.

  9. author

    gempur4 years ago

    barangkali ustadz icon perubahan, agen revolusi islam, dan barangkali dunia tetap tegak karena salah satunya ada beliau,

  10. author

    Mario4 years ago

    Manusia merasa paling benar sehingga harus mengartikan JIHAD itu memusnahkan manusia yg mereka anggap “kafir” — padahal jihad seharusnya kepada SIFAT KAFIR di dalam DIRI mereka masing2.

    Jangan picik dengan pengertian ISLAM.. lihat QS. [2]:62 — siapapun juga dia bila masuk surga berarti SELAMAT maka dia ISLAM.. siapapun berbuat baik maka ISLAM..

    apakah adil bila seorang di pedalaman tanpa agama, tanpa kitab suci kemudian dia masuk neraka? — Al Quran yg nyata adalah yg tertanam di dalam dada2 = QS[29]:49

    cuapee dueeeh manusia Indonesia yg masih ngagugulung syareat melulu….. wahai para “JIHADER” urus dirimu masing2..!!!!

    • author

      ofea bowen putra4 years ago

      @Mario, QS [2] : 62, adalah tentang orang yen beriman di masa sebelum masa Rasulullah dan beriman pula terhadap Rasulullah. Point nya tentang itu.

      Kemudian Hadis Rasulullah tentang mereka ini matannya jiaka ditranslate kebahasa Indonesia sebagai berikut : “mereka yang beriman dimasa sebelum ku, kemudian beriman pulah kepada ku , maka mereka beroleh dua pahala…”

      Jadi bukan siapa yang masuk sroga adalah Islam… dan Siapa yang berbuat baik adalah Islam Mario.

      Kemudian QS 29 : 49 adalah tentang Ulama yang telah memahami Alqur’an atau hafal Alqur’an dan berbanding terbalik dengan orang zalim yang mengingkari ayat-ayat Allah.
      Demikian kira kira point nya.

      Jadi tidak seperti yang kamu maksud kan di atas Mario.

      Terakhir, pencelaanmu terhadap Jihader. “Wahai para Jihader, urus dirimu masing masing”

      Kamu mencela. Orang beriman tak akan mencela orang yang telah mengucapkan kalimat Tauhid. Itu bertentangan dengan anjuran saling menasehati tentang kebenaran dan saling menasehati tentang kesabaran (dalam Surat WAl ‘Asri)

      Paling tidak kamu keliru memahami Ayat, itu pertama

      Kedua kamu mencela.

      Ke tiga, Syari’at itu pedoman.

      Jadi,”…. Alqur’an itu Kata Rasulullah, adalah hujjah (argumen) bagimu, dan terkadang ia merupakan bumerang bagimu…..”
      Itu kira kira terjemahan secara matan (point) yang saya kutipkan dari Shahih Muslim.

      Dalam Hadis lain Rasulullah bersabda . “Jika suatu zaman kelak kamu dipimpin seorang mantan budak tapi dia menjalankan kepemimpinannya berdasarkan Kitab Allah, maka kalian harus ta’at kepad nya”

      Jadi bagaimana mungkin kamu mencela orang yang ngagululung sare’at melulu?.
      Sari’at itu adalah panduan untuk menjalankan semua perbuatan dan ucapan manusia termasuk tentang urusan kepemimpinan.

      Dan, jangan pula mengabaikan Hadis Rasulullah. Karena kalau demikian halnya maka pada zaman dulu ada orang yang meyakini Kitan Qur’an tapi tidak dengan sunnah Rasulullah. Namanya Kaum Khawaridh.

      Wallahu taala a’lam bissawwab

  11. author

    jangan sok tau4 years ago

    siapa bilang AMERIKA TIDAK ISLAMI???? — disana sampah terorganisir, lebih menghargai HAM, kebebasan BERAGAMA lebih dihargai…. kafir itu bisa datang dari orang2 yang mengaku ISLAM juga…

    sekarang berhentilah mengKAFIRkan orang lain, negara lain — lihat DIRI KAMU SENDIRI ?? lihat NEGARA KAMU?? — jawab dengan hati yg jujur!!

  12. author

    ingin4 years ago

    mungkinkah penangkapan beliau merupakan salah satu dari bentuk pengalihan perhatian dari kasus yang lebih mengerikan???

  13. author

    NASIONALISME4 years ago

    Saya bangga dgn ulama’ dan kiayi untuk memimpin ummat sebagai tokoh yg di hormati di takdimi,untuk ke maslahatan ummat dan rakyat INDONESIA,namun makna JIHAD yg sebenarnya …yang sejati ; adalah ” jujur,sabar,ihlas,peramah,rendah hati,mampu memerangi nafsu dan niat jelek yg tersirat dr hati nurani,dan sejisnya,,, bukan meledakkan BOM,dan yg jadi korban orang banyak,dr suku mana aja,dr agama apa aja,dan jgn lagi AGAMA ISLAM,kitab ALQUR”AN di jadikan roda untuk menjadi/mencari sensaional, itu namanya MUNAFIK.
    ingat ada ummat ISLAm
    ingat ad ummat HINDU
    ingat ada ummat BUDHA
    ingat ada ummat KRISTEN dan DLL…..saling menghormati,menghargai,jangan melihat AGAMA,,, tp manusianya kita kedepankan ,,,,,

  14. author

    tia4 years ago

    Alhamdulillah, Ustd Abu Bakar Ba’asyir tertangkap Polri karena semoga ustd dengan usia yang sudah tua segera bertobat dapat merenung bahwa Islam agama yang universal, pak ustd gak mungkin Indonesia akan menjadi negara Islam, Allah memelihara sudah menciptakan Ras Eropa, Asia, Afrika berikut culturnya termasuk agama Islam, Kristen, Katolik, Yahudi, Hindu, Budha dan Kong hucu, kita untuk mempelajari dan menganalisa serta membandikan perbedaan tersebut kenapa Ustd memaksakan pemikiran Jihad.
    Semoga Ustd Abu segera bertobat dan memohon kepada majelis Hakim untuk dihukum mati serta membubarkan JAT, MMI. FPI maupun JI.
    Wassalam aku yang mengagumimu.

  15. author

    Kira4 years ago

    Allahuakbar..binasalah pemerintahan yg dzolim..tegaklah syariat islam!!Allahuakbar

  16. author

    Rudy Gumilar4 years ago

    Saudara ABB tidak mengakui Negara Republik Indonesia dan UUD 45 Pancasila , kenapa dia mau disidang yah , berarti dia mengakui UU Indonesia dong? Idiologinya Plin Plan yah aneh jadi bingung

    • author

      sofiudin4 years ago

      @Rudy Gumilar, kalau mau nonton filem pake matanya, telinganya, hatinya baru komentar…jangan orang lain tepuk tangan sampean ikutikutan tepuk tangan…orang lain ketawa sampean ikut ketawa juga…awas lamalama enjeun jadi jalmi gelo…maaf yah semoga kita bisa menggunakan mata, telinga dan hati kita secara merdeka sesuai perintah yang memiliki kita yakni ALLAH SWT…AMIN…hampura dulur